PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN DIKNAS

18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa

 

Ada 18 nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dibuat oleh Diknas.  Mulai tahun ajaran 2011, seluruh tingkat pendidikan di Indonesia harus menyisipkan pendidikan berkarakter tersebut dalam proses pendidikannya.

18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter menurut Diknas adalah:

1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

3. Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

5. Kerja Keras
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

6. Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

7. Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

8. Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

10. Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

11. Cinta Tanah Air
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

12. Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

13. Bersahabat/Komunikatif
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

14. Cinta Damai
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

15. Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

16. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18. Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber: Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010

 Image

About Maestro TRAINER Indonesia

INSAN DINAMI INDONESIA adalah sebuah lembaga pengembangan diri yang bergerak dalam bidang pelatihan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat serta usaha-usaha lainnya yang menunjang upaya peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya manusia dengan lebih memberikan perhatian pada bidang motivasi, komunikasi, manajemen kepemimpinan dan enterpreneurship. INSAN DINAMI INDONESIA memulai operasinya pada Januari 2001. Semenjak awal operasinya Bidang pelatihan merupakan bidang yang lebih banyak ditekuni dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepemimpinan di beberapa kalangan baik institusi pendidikan dan kalangan profesional lainnya mulai dari tingkat TK hingga Perguruan tinggi, serta Institusi Pemerintah hingga Perusahaan (BUMN maupun Swasta Nasional) di berbagai daerah Indonesia. Semua ini merupakan upaya untuk berkontribusi bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang kreatif, unggul dan mandiri sehingga mampu bersaing di tingkat global. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh lembaga ini, secara resmi pada 8 September 2008 menjadi CV. INSAN DINAMI INDONESIA dan berkantor di Vila Bukit Tidar A4 no. 286 Malang Visi Menjadi pusat lembaga pengembangan diri berskala nasional dalam upaya membangun sumber daya manusia yang bertaqwa, kreatif, tangguh, dan mandiri yang berlandaskan pada nilai nilai spiritual & profesionalisme. MISI • Meningkatkan kualitas potensi sumber daya manusia melalui program pendidikan & pelatihan berkualitas, praktis dan menyenangkan yang dapat merubah cara pikir (mindset), cara pandang dan cara sikap berdasarkan nilai nilai spiritualitas dan profesionalisme. • Menyelenggarakan program penelitian pada bidang pengembangan SDM & SDA sesuai dengan visi lembaga. • Menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat untuk membangun semangat kemandirian & peningkatan potensi SDM • Menyelenggaakan berbagai kegiatan usaha/program yang sesuai dengan pencapaian visi lembaga. STATUS HUKUM Akta Pendirian : No. 8/Tgl 11-09-2008, Notaris Muhammad Henalton, SH., M.Kn NPWP : 02.785.744.0-652.000
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s